Profil Kota Baturaja

Baturaja merupakan kota kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu) Sumatera Selatan dengan luas 10.408 km2 dan memiliki penduduk kurang lebih 1 juta jiwa yang mengandalkan mata pencaharian dari pertanian karet dan sawit dengan DAU Rp. 375.426.926.000. Pada tahun 2003, Kabupaten OKU pecah menjadi 3 (tiga) berdasarakan dengan UU No. 37 Tahun 2003, kabupaten ini dimekarkan menjadi tiga kabupaten, yaitu: Kabupaten Ogan Komering Ulu (induk), Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Pemekaran wilayah Kabupaten OKU tersebut, membawa perubahan yang signifikan pada pembangunan dan kegiatan ekonomi masyarakat setempat. Bukti nyata pembangunan dan perekonomian Baturaja semakin maju terlihat dari berdirinya berbagai sarana dan prasarana seperti:

 

Stadion Madya Baturaja

Stadion madya ini digunakan untuk sarana olahraga terutama sepak bola di Kota Baturaja dimana Kota Baturaja memilki tim sepak bola bernama PERSIBAJA

Gedung Olahraga Baturaja

GOR ini sebagai sarana berbagai cabang olahraga dan turnamen-turnamen seperti Tenis Meja, Badminton, Silat, Volli dan lain-lain.

Kolam Renang Baturaja

Kolam renang sudah memenuhi standar Internasional yang dapat digunakan untuk masyarakat umum dan juga perlombaan-perlombaan renang tingkat daerah maupun nasional.

Mall Kanio

Mall Ramayana

Hal menarik yang bercirikan gerak langkah modern masyarakat, bersama dengan majunya perekonomian, tercermin dari keberadaan Mall atau pusat perbelanjaan modern. Saat ini, Kota Baturaja telah memiliki 2 Mall yang berdiri tegak seperti Ramayana dan Kanio yang memudahkan masyarakat untuk belanja untuk memenuhi kebutuhan, selain beberapa minimarket yang bertebaran di berbagai pelosok Kota Baturaja, menambah semarak kehidupan dan perputaran ekonomi masyarakat Baturaja.

Islamic Center Baturaja

Sarana ibadah seperti Islamic center menjadi kebanggaan masyarakat Baturaja dan juga sebagai sarana ibadah serta acara-acara besar kerohanian.

Taman Kota Baturaja

Taman kota yang dibangun tepat di tengah-tengah Kota Baturaja menambah lengkap keindahan Kota Baturaja, sebagai tempat yang membangun image dan Ikon Kota Baturaja yang penuh pesona dan keunikan tersendiri, sehingga ini merupakan value added bagi Kota Baturaja.

Gedung Kesenian Baturaja

Gedung ini seringkali digunakan untuk acara-acara bernafaskan kesenian daerah serta acara-acara sakral lainnya. Keberadaan gedung kesenian Baturaja sangat penting, dalam menggali dan melestarikan kesenian tradisional Baturaja khususnya dan Sumatra Selatan pada umumnya. Gedung kesenian ini sangat strategis dalam mendukung gerak kemajuan pembangunan di Kota Baturaja terutama sebagai asset menarik penunjang aktivitas pariwisata daerah.

Gedung SKB

Gedung SKB ini seringkali digunakan untuk acara-acara yang berkaitan dengan pendidikan untuk masyarakat umum. Di samping itu, gedung ini, juga dimanfaatkan sebagai tempat kegiatan pelatihan bagi masyarakat umum yang membutuhkan memiliki keterampilan dalam bidang tertentu yang difasilitasi oleh pemerintah daerah Kota Baturaja. Keberadaan Gedung SKB ini, tentu memberi dampak positif terutama dalam meningkatkan sumberdaya manusia dan penciptaan kesempatan kerja di Kota Baturaja.

Tempat Wisata

Wisata Baturaja memiliki keunikan sendiri karena memilki nilai history yg khas, seperti Goa Putri, Lesung Bintang, Masjid Perahu dan lain-lain. Tempat wisata tersebut, selama ini telah memberi sumbangan yang positif untuk menarik wisatawan berkunjung ke Baturaja. Ke depan dengan menggabungkan konsep wisata terpadu dengan satellite city, diharapkan keberadaan asset wisata ini memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan jumlah wisatawan baik nusantara maupun asing sehingga Kota Baturaja semakin maju.

Universitas

Di OKU ada 6 (enam) perguruan tinggi yang sangat potensial dan berkembang, yakni Universitas Baturaja, AMIK AKMI, STIE Dwi Sakti, STIEKES Al-Ma’rif, AKBID Al-Ma’rif dan AKPER Depkes Baturaja.

Perguruan tinggi tersebut memilki banyak mahasiswa dari berbagai kota sekitar, seperti  OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, Way Kanan, Liwa, OKI, Prabumulih dan lain-lain. Keberadaan perguruan tinggi tersebut telah memberikan sumbangan yang sangat positif bagi kemajuan Kota Baturaja.

Kehidupan kampus yang dinamis, inovatif dan didukung kolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat melalui tri dharma perguruan tinggi, banyak prestasi yang sudah tercipta untuk mendukung kemajuan Kota Baturaja, sehingga tidak tertinggal jauh dengan daerah lainnya.

Perguruan tinggi tidak dapat dipandang sebelah mata dalam mengawal kemajuan suatu daerah, oleh karena itulah pemerintah daerah Kota Baturaja sangat concern dalam pembangunan sumberdaya manusia dengan melibatkan perguruan tinggi setempat.